Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Holding Ultra Mikro BRI Salurkan Rp622,3 Triliun dalam Tiga Tahun

Ekosistem UMi telah memberikan layanan kepada 36,1 juta nasabah pinjaman,
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) Sunarso/Istimewa
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) Sunarso/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Holding Ultra Mikro (UMi) BRI Group mencatat menjangkau 176 juta nasabah simpanan dan 36,1 juta nasabah pinjaman per 13 September 2024. Total pembiayaan yang disalurkan mencapai Rp622,3 triliun sejak berdiri tiga tahun lalu atau sejak 13 September 2021.

Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan total penyaluran ini terdiri atas PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) tersebut. Dia mengatakan selama tiga tahun tersebut, pihaknya berupaya untuk terus meningkatkan inklusi keuangan dan memberdayakan pelaku usaha ultra mikro di Indonesia.

Sunarso menuturkan bahwa ke depannya pihaknya berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan layanan keuangan yang lebih inklusif, mudah diakses, dan berkelanjutan.

“Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membantu mewujudkan visi pemerintah dalam memperkuat ekonomi kerakyatan dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas,” ucapnya dikutip dari Antara, Selasa (17/9/2024).

Saat ini, ekosistem UMi telah memberikan layanan kepada 36,1 juta nasabah pinjaman, yang terdiri dari 13,4 juta debitur mikro BRI, 15 juta debitur wanita PNM, dan 7,7 juta debitur Pegadaian. Di sisi simpanan, ekosistem UMi telah melayani 176 juta nasabah dengan total simpanan mencapai Rp313,9 triliun.

Selain tabungan dan pinjaman, ekosistem UMi juga menawarkan layanan lainnya, seperti 15,2 juta polis asuransi mikro, 3,1 juta nasabah tabungan emas, dan 35,2 juta pengguna aplikasi super BRImo. Untuk memudahkan akses layanan, UMi juga mengembangkan co-location Sentra Layanan Ultra Mikro (Senyum) di 1.025 lokasi, yang mengintegrasikan layanan BRI, Pegadaian, dan PNM dalam satu tempat.

Selain itu, UMi telah mengintegrasikan 75 ribu tenaga pemasar untuk memberikan akses keuangan yang lebih luas dan komprehensif bagi masyarakat. Holding Ultra Mikro juga berkomitmen untuk memberdayakan dan mengedukasi nasabah melalui berbagai program pelatihan dan pendampingan usaha, seperti Literasi Keuangan melalui Link UMKM, BRI Menanam, dan Program Menabung Kelompok Mekaar.

Program-program tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan kewirausahaan, manajemen keuangan, dan pemasaran digital bagi pelaku usaha ultra mikro. Hingga kini, jutaan pelaku usaha mikro dan ultra mikro telah merasakan manfaat dari berbagai program pemberdayaan ini, yang berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper