Berkat Patuh SOP, AgenBRILink Berhasil Gagalkan Upaya Penipuan

Sudah tau video viral yang diunggah akun X @bacottetangga ini? Dalam video itu terlihat ada seseorang yang mau menipu dengan memalsukan bukti transaksi
Foto: Berkat Patuh SOP, AgenBRILink Berhasil Gagalkan Upaya Penipuan
Foto: Berkat Patuh SOP, AgenBRILink Berhasil Gagalkan Upaya Penipuan

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah tau video viral yang diunggah akun X @bacottetangga ini? Dalam video itu terlihat ada seseorang yang mau menipu dengan memalsukan bukti transaksi. Beruntung, berkat kewaspadaan dan ketaatan terhadap SOP, AgenBRILink berhasil menggagalkan upaya penipuan tersebut.

Video yang diunggah pada Rabu (22/10/2024) ini mendapat respons positif dari warganet dengan 24.000 likes dan 4.800 repost. Dalam rekaman CCTV tersebut, terlihat seorang pria berjaket dan celana hitam serta mengenakan masker mendatangi AgenBRILink untuk melakukan penarikan tunai sebesar Rp3 juta.

Pria tersebut mengatakan bahwa tarik tunai dilakukan melalui transfer. Sesuai prosedur, Agen meminta bukti transfer sebelum memberikan uang tunai. Namun saat dicek, tidak ada mutasi yang masuk ke rekening Agen. Pelaku yang tampak sudah lihai berusaha memalsukan bukti transfer dengan mengedit resi di ponselnya.

Berkat ketelitian dan ketaatan pada SOP, Agen tidak terpancing untuk memberikan uang meski pelaku mengancam akan melapor ke bank. Kasus ini menjadi pembelajaran berharga dan mendapat pujian dari warganet.

AgenBRILink sendiri merupakan layanan keuangan tanpa kantor yang menjadi bagian dari program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) BRI. Hingga Juli 2024, jumlahnya telah mencapai lebih dari 1 juta agen yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk menjaga keamanan, BRI telah menerapkan berbagai langkah pengamanan kepada Agen seperti imbauan penyimpanan dana operasional di brankas, penggunaan money detector, pembatasan nilai transaksi harian, serta pemasangan CCTV. Para agen juga dilindungi asuransi melalui BRINS dan BRILife dari risiko pencurian, perampokan, atau penipuan.

Para AgenBRILink dapat melayani berbagai transaksi perbankan mulai dari pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, pengisian ulang BRIZZI, setoran pinjaman, hingga pembukaan rekening tabungan dan pinjaman.

Sebagai mitra BRI, keamanan dan perlindungan bagi AgenBRILink serta nasabah selalu menjadi prioritas utama. BRI berkomitmen terus mendukung para agen dengan memberikan perlindungan maksimal.

Video ini diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi para AgenBRILink di seluruh Indonesia, untuk tetap mematuhi SOP yang ada. Ketelitian dan kewaspadaan dari para AgenBRILink sangat penting untuk mencegah upaya penipuan. Jangan sampai terpancing rayuan atau ancaman dari oknum tidak bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper