Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Mengelola Keuangan Secara Efektif Dalam Rumah Tangga

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, Anda harus mampu membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Menjalani kehidupan dalam sebuah rumah tangga, merupakan tanggung jawab besar yang harus dihadapi oleh setiap manusia.

Anda dan pasangan harus menjalani kehidupan, dalam mengatur dan mengelola keuangan secara tepat untuk kehidupan jangka panjang. Mengelola keuangan dalam kehidupan rumah tangga membutuhkan perjanjian dan komitmen yang kuat satu sama lainnya.

Dalam hal ini Anda harus bekerjasama dengan pasangan untuk membangun dan mengusung visi yang sama, untuk menghasilkan kehidupan bahagia serta terpenuhi segala jenis kebutuhan yang diperlukan.

Fokus utama yang diterapkan dalam kehidupan rumah tangga adalah pemenuhan kebutuhan seumur hidup, merawat anak hingga dewasa, serta hal-hal lain yang berdampak pada kesejahteraan hidup.

Dilansir dari nomoredebts.com, Anda harus mengoptimalkan seluruh kemampuan supaya pengelolaan keuangan tersebut dapat tercukupi menghasilkan keuntungan yang berdampak positif bagi kehidupan.

Berikut tips mengelola keuangan secara efektif dalam rumah tangga:

1. Membedakan kebutuhan dengan keinginan

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, Anda harus mampu membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Kebutuhan diperlukan untuk memenuhi seluruh keperluan yang bersifat membangun, penting, dan digunakan dalam jangka panjang. 

Keinginan dapat dijadikan sebagai opsi kedua apabila segala kebutuhan dalam rumah tangga dapat terpenuhi dengan baik. Anda harus bersikap bijak dan memprioritaskan segala sesuatu berdasarkan kebutuhan dasar yang selalu diperlukan setiap hari bahkan bulan.

2. Membuat anggaran dana

Anggaran dana akan membantu Anda untuk mengelompokkan segala kebutuhan yang diperlukan dalam setiap bulan. Jika waktunya datang, Anda dapat membeli, membayar, dan menyisihkan segala kebutuhan sesuai dengan anggaran dana yang sudah dibuat. 

Fungsi utama dari anggaran dana akan mempermudah Anda menyesuaikan list kebutuhan bujet untuk meminimalisir sesuatu hal yang bersifat tidak pasti dan merugikan keuangan. 

3. Mempertimbangkan kebutuhan musiman

Kebutuhan musikan merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan dalam beberapa momen tertentu seperti hari raya, ulang tahun, tasyakuran, maupun menghadiri undangan pernikahan dari kerabat. Kebutuhan seperti ini harus dipertimbangkan dan dipersiapkan secara tepat, untuk menghindari pengeluaran dana yang berlebihan. 

Anda dapat berkomunikasi bersama pasangan, untuk mencari ide dan solusi dalam mempersiapkan kebutuhan tersebut dengan anggaran dana lain yang sudah ditentukan.


4. Melihat kehidupan secara maju

Dalam kehidupan rumah tangga, Anda harus melakukan segala hal dengan aspek yang luas dan mengarah pada kemajuan. Anda tidak bisa menjalani kehidupan dengan bayang-bayang masa lalu yang bersifat merugikan satu sama lain.

Cobalah untuk berpikir secara maju dengan inovasi yang dapat dikembangkan bersama pasangan. Manfaatkan seluruh peluang dengan cara membangun bisnis bersama untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya.

5. Lakukan aksi yang tepat sesuai perencanaan

Jika Anda berhasil membuat perencanaan yang tepat, tugas selanjutnya adalah melakukan aksi sesuai dengan perencanaan tersebut. Anda harus melakukan pergerakan yang tepat untuk memilah dan memilih segala bentuk kebutuhan sesuai dengan perencanaan dana yang sudah ditetapkan.

Tujuannya adalah untuk menghindari perilaku konsumtif dan hedonisme yang dapat menghancurkan pengelolaan keuangan dalam kehidupan rumah tangga.


6. Identifikasi pendapatan

Mengidentifikasi mengenai pendapatan yang dimiliki oleh Anda dan pasangan, adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Keduanya harus berbicara terbuka terkait pendapatan dan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam jangka panjang. Melalui identifikasi tersebut, Anda dapat menentukan skala prioritas yang tepat untuk mewujudkan pengelolaan keuangan secara stabil dan efisien.

7. Wujudkan mimpi secara nyata

Mewujudkan mimpi bersama pasangan, adalah satu impian bagi banyak orang. Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, Anda harus melakukan pengelolaan keuangan secara tepat untuk mewujudkan segala impian dan keinginan bersama.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan berhemat, dan menyisihkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sesuai prioritas yang sudah ditentukan. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper