Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Destry Damayanti Ambil Sumpah Lanjutkan Jabatan Deputi Gubernur Senior BI

Destry Damayanti resmi kembali menjabat sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI).
Pengambilan sumpah jabatan Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) di Mahkamah Agung, Jakarta pada Rabu (7/8/2024). / dok. YouTube Bank Indonesia
Pengambilan sumpah jabatan Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) di Mahkamah Agung, Jakarta pada Rabu (7/8/2024). / dok. YouTube Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA — Destry Damayanti secara resmi kembali menjabat sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) setelah mengucap sumpah jabatan di Mahkamah Agung, Rabu (7/8/2024).

Tepat lima tahun yang lalu, Destry memulai jabatannya sebagai Deputi Gubernur Senior BI. Kini, dirinya memulai periode kedua sebagai Deputi Gubernur Senior untuk periode 2024—2029. 

"Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 74/P tahun 2024 tanggal 10 Juli 2024, saudari Destry Damayanti telah diangkat sebagai Deputi Gubernur Senior BI. Sebelum memangku jabatan Dewan Gubernur Senior BI, saudara wajib mengucapkan sumpah. Bersediakah saudari mengucapkan sumpah jabatan menurut agama saudari?" ujar Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin, Rabu (7/8/2024). 

Destry yang mengenakan kebaya berwarna cokelat, secara tegas menjawab "Bersedia" untuk mengambil sumpah jabatan tersebut. 

Perempuan kelahiran 16 Desember 1963 tersebut tampak didampingi sang anak untuk bersalaman dengan para tamu undangan. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan nama Destry Damayanti sebagai calon tunggal Deputi Gubernur Senior BI periode 2024—2029 pada akhir Mei lalu. 

Komisi XI DPR yang melakukan uji kepatutan dan kelaikan (fit and proper test), menetapkan bahwa Destry melanjutkan jabatannya untuk lima tahun ke depan. 

Dalam uji tersebut, Destry menyampaikan sejumlah fokus kebijakan yang harus didorong oleh bank sentral dalam menghadapi dan mengantisipasi ketidakpastian global yang semakin tinggi. 

Pertama, yaitu pengembangan pasar uang dan pasar valas di dalam negeri. Menurutnya, kedalaman pasar uang dan pasar valas Indonesia relatif rendah jika dibandingkan dengan banyak negara lainnya. 

Menurutnya outstanding repo dan call money mencatatkan pertumbuhan yang signifikan setelah BI melakukan berbagai kebijakan untuk mendorong pasar uang dan pasar valas.

Kedua, yaitu digitalisasi ekonomi dan keuangan. Dia mengatakan, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mendorong ekonomi dan keuangan digital. Oleh karena itu, pengembangan dan penguatan sistem pembayaran akan tetap dilakukan. 

Ketiga, mengarahkan kebijakan makroprudensial yang tetap akomodatif dan pro pertumbuhan.

Dengan demikian, susunan deputi yang mendampingi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo adalah Destry Damayanti, Domi Primanto Joewono, Juda Agung, Aida S. Budiman, dan Filianingsih Hendarta. 

Dalam kesempatan tersebut, tampak hadir Perry Warjiyo bersama jajaran deputi gubernur, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, serta Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa.

Berikut isi sumpah Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior BI:

Demi Allah, Saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur senior Bank Indonesia langsung atau tidak langsung dengan nama dan dalih apapun tidak memberikan atau menjanjikan untuk memberikan sesuatu kepada siapapun juga.

Saya bersumpah bahwa saya dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini tidak akan menerima langsung atau tidak langsung dari siapapun juga, sesuatu janji atau pemberian dalam bentuk apapun.

Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewajiban Deputi Gubernur senior Bank Indonesia dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab saya bersumpah bahwa saya akan setia terhadap negara konstitusi dan haluan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper