Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank BJB (BJBR) Bakal Gelar RUPSLB, Eks Bos Maybank (BNII) Dicalonkan jadi Komisaris

Muncul nama eks Presiden Direktur Maybank Indonesia (BNII) Taswin Zakaria yang akan dicalonkan menjadi Komisaris Utama Independen Bank BJB (BJBR).
Nasabah melakukan transaksi menggunakan ATM Bank BJB di Bogor, Jawa Barat, Minggu (3/7/2022)./Bisnis - Himawan L Nugraha
Nasabah melakukan transaksi menggunakan ATM Bank BJB di Bogor, Jawa Barat, Minggu (3/7/2022)./Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, BADUNG - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) atau Bank BJB akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada esok hari, Kamis 5 September 2024. Adapun, perseroan bakal mengusulkan perubahan Anggota Dewan Komisaris Perseroan. 

“Pemegang saham yang berhak menghadiri/diwakili dan memberikan suara dalam Rapat adalah Pemegang Saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan dan/atau terdaftar pada rekening efek di KSEI pada penutupan perdagangan saham Perseroan hari Selasa, 6 Agustus 2024 pukul 16.00 WIB,” tulis manajemen yang dikutip Rabu (4/9/2024).

Berdasarkan laman resmi perusahaan, muncul nama eks Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII) Taswin Zakaria yang akan dicalonkan menjadi Komisaris Utama Independen Bank BJB.

Untuk diketahui, Taswin telah menjabat sebagai Presiden Direktur Maybank Indonesia selama 11 tahun, terhitung sejak 2013 hingga 2024. 

Sebelumnya, dia juga sempat menduduki jabatan Komisaris Independen PT Bank Internasional Indonesia-Maybank Tbk. sejak 2003-2013. Lebih lama lagi, Taswin sempat menjadi Komisaris Independen PT Jasa Angkasa Semesta Tbk. (2005-2013). 

Tak hanya Taswin, dalam RUPSLB tersebut, terdapat dua nama calon lainnya yang diusulkan untuk duduk di jajaran Komisaris, salah satunya, Hilman Purakusumah yang dicalonkan sebagai Komisaris Independen. 

Adapun, hingga saat ini Hilman merangkap jabatan sebagai Komisaris PT BPR Muliatama Dananjaya Tbk sejak 2021 serta turut menduduki posisi sebagai Komisaris PT Trikoindo Cipta Mandiri sejak 2019 sampai sekarang. 

Sebelumnya, Hilman diketahui menduduki posisi sebagai Senior Executive Vice President PT Bank BRI Syariah Tbk. (2017-2019). 

Dalam catatan yang sama, bahwa terdapat penyataan komitmen kepada OJK mengenai kesediaan untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Komisaris Utama PT BPR Muliatama Dananjaya Tbk, apabila diangkat sebagai Komisaris Bank BJB oleh RUPS Bank BJB serta disetujui selaku Komisaris Bank BJB oleh OJK. 

Nama ketiga adalah Mohammad Taufiq Budi Satoso, yang saat ini menduduki posisi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak 2020 hingga saat ini. Diketahui, dia juga memiliki rangkap jabatan sebagai Komisaris Utama PT Jamkrida Jabar.

Serupa dengan Hilman, dirinya pun bersedia mengundurkan diri bila diangkat sebagai Komisaris Bank BJB dan disetujui oleh OJK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper