Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Membuat Black Card BRI beserta Syarat Terbaru 2024

Proses pengajuan Black Card BRI membutuhkan beberapa persyaratan khusus, berikut cara membuat Black Card BRI.
Cara pengajuan Black Card BRI lengkap dengan segala persyaratannya./kartukredit.bri.co.id
Cara pengajuan Black Card BRI lengkap dengan segala persyaratannya./kartukredit.bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Black card merupakan salah satu simbol prestige yang berupa kartu kredit dengan berbagai macam keistimewaan bagi para pemegangnya. Bank BRI sebagai salah satu Bank BUMN juga memiliki Black Card BRI yang mana untuk memilikinya harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Berikut beberapa persyaratan dan cara membuat Black Card BRI selengkapnya.

Di bawah ini akan dibahas mengenai jenis kartu kredit BRI, syarat pengajuan kartu kredit dan cara membuat Black Card BRI.

Sebagai informasi, berdasarkan sikapiuangmu.ojk.go.id, kartu kredit merupakan pembiayaan untuk pembelian barang atau jasa dengan menggunakan kartu, yang akan ditagihkan penerbit kartu kredit kepada para pengguna pada kurun waktu tertentu.

Terdapat beberapa jenis kartu kredit, yaitu:

  • Bank Credit Card: merupakan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank pemegang franchise Card Company untuk kalangan nasabahnya sendiri;
  • Co-Branded Card: merupakan kartu kredit yang dit erbitkan untuk keuntungan badan usaha tertentu;
  • Affinity Card: merupakan kartu kredit yang diterbitkan untuk kepentingan organisasi non-profit.

BRI sebagai salah satu penerbit memiliki beberapa jenis kartu kredit, di antaranya:

  1. BRI Wonderful Indonesia
  2. BRI JCB Platinum
  3. BRI World Access
  4. BRI Easy Card
  5. BRI Platinum
  6. BRI Touch
  7. BRI Business Card

Yang membedakan jenis-jenis kartu kredit tersebut di antaranya limit dan syarat penghasilan minimum per bulan.

Dari beberapa jenis kartu kredit tersebut, terdapat black card atau kartu kredit premium, yaitu BRI Infinite, BRI World Access, dan BRI Platinum. Jenis kartu ini memiliki limit besar dengan syarat penghasilan minimum per bulan yang juga tinggi.

Jenis Black Card BRI dan Syarat Membuatnya

1. BRI Platinum

Jenis kartu kredit ini memiliki limit awal senilai Rp50 juta hingga Rp99,99 juta. Untuk mendapatkan kartu ini, nasabah harus memiliki penghasilan minimum per bulan senilai Rp10 juta.

Kartu kredit BRI Platinum memiliki iuran tahunan atau annual fee basic senilai Rp600.000 dan supplement Rp300.000, serta maksimal penarikan tunai 60% dari sisa limit atau maksimal Rp10 juta per hari.

2. BRI World Access

Kartu kredit BRI World Access memiliki limit awal Rp100 juta hingga Rp999,99 juta atau hampir Rp1 miliar. Penghasilan minimum per bulan nasabah Rp30 juta untuk bisa memiliki kartu jenis ini.

Bagi pemegang BRI World Access setiap bulannya membayar annual fee Rp1 juta untuk basic dan Rp500.000 untuk supplement. Maksimal penarikan tunai BRI World Access 60% dari sisa limit atau maksimal Rp10 juta per hari.

Pemegang kartu BRI World Access mendapatkan akses masuk 1 pax di aiport lounge yang bekerja sama dengan Bank BRI.

3. BRI Infinite

Limit kartu kredit BRI Infinite paling besar jika dibandingkan dengan jenis black card BRI lainnya, yaitu mulai Rp150 juta hingga Rp999,99 juta. Kartu kredit ini hanya untuk nasabah prioritas BRI dengan minimum asset under management (AUM) senilai Rp500 juta atau sesuai ketentuan AUM BRI Prioritas.

Iuran tahunan atau annual fee BRI Infinate juga paling mahal dibandingkan dengan kartu jenis lainnya yaitu Rp2,4 juta untuk kartu basic dan Rp1,2 juta untuk kartu supplement.

Maksimal penarikan tunai BRI Infinite ini 60% dari sisa limit atau maksimal Rp10 juta/hari. Pemegang kartu ini bisa mendapatkan akses gratis 1 pax airport lounge luar negeri yang bekerja sama dengan Priority Pass dengan syarat AUM Rp 15 miliar.

Selain itu, terdapat pula akses masuk 2 pax di aiport lounge yang bekerja sama dengan Bank BRI. Cara membuat Black Card BRI dan jenis kartu kredit BRI lainnya Anda harus mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Cara Pengajuan Black Card BRI dan Kartu Kredit BRI Lainnya

  • Siapkan dokumen yang diperlukan, yaitu KTP, NPWP, dan slip gaji
  • Kunjungi situs web resmi BRI atau dapatkan formulir pengajuan di kantor cabang BRI terdekat
  • Akses website kartukredit.bri.co.id melalui handphone untuk proses pengajuan secara online dan lengkapi form data diri pada menu "Apply Kartu"
  • Masukkan one time password (OTP) yang dikirim melalui SMS untuk verifikasi Digital Signature
  • Pengajuan Anda telah selesai dan selanjutnya akan diproses oleh BRI
  • Pihak Bank BRI akan melakukan verifikasi data dan dokumen Anda. Jika semua persyaratan terpenuhi, pengajuan akan disetujui dan Anda akan menerima Black Card BRI

Itulah jenis-jenis black card BRI dan cara pengajuannya secara online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper