Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK: 57,05 Juta Pelajar RI Punya Rekening Bank, Nilainya Rp32,84 Triliun

Sebanyak 57,05 juta pelajar yang sudah memiliki rekening bank atau sekitar 80% dari total jumlah pelajar di Indonesia.
Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi./Bisnis-Suselo Jati
Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi./Bisnis-Suselo Jati

Bisnis.com, SERANG — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap sudah ada 57,05 juta pelajar yang sudah memiliki rekening bank atau sekitar 80% dari total jumlah pelajar di Indonesia. 

Nilai tabungannya mencapai Rp32,84 triliun pada kuartal I/2024. Perinciannya, tabungan anak mencapai Rp23,6 triliun yang menjangkau 7,5 juta anak. Kemudian, simpanan pelajar mencapai Rp9,6 triliun dan 49,6 juta pelajar. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi mengatakan capaian tersebut berkat salah satu program satu rekening satu pelajar. 

“Jadi, kami punya kejar, satu rekening, satu pelajar. Saat ini angkanya sudah 80% dari total pelajar Indonesia,” kata perempuan yang akrab disapa Kiki pasca mengisi acara edukasi keuangan pelajar di Plaza Aspirasi Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Serang, Banten pada Jumat (26/7/2024). 

Sementara untuk simpanan mahasiswa dan pemuda yang dikenal Simuda angkanya lebih kecil yakni sekitar Rp4,99 triliun dengan 1,34 juta rekening. Kiki mengatakan bahwa OJK mendorong anak-anak dan pelajar untuk menabung sejak dini. 

Dengan program rekening untuk pelajar, OJK memberikan kemudahan pembukaan rekening meskipun belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kemudian murah karena bebas biaya administrasi dengan etoran awal Rp5000/Rp1000. Serta mengenalkan bank sebagai tempat yang aman untuk menabung. 

Sebelumnya, Kiki memberikan edukasi terkait dengan pentingnya menabung kepada pelajar di Serang, Banten. Kegiatan edukasi bagi para pelajar tersebut dalam rangka peningkatan hari anak nasional yang jatuh pada 23 Juli lalu. 

Kiki mengatakan bahwa ini juga merupakan upaya regulator supaya anak-anak tidak terjerat pinjaman online (pinjol) ilegal hingga judi online (judol).

“Ini salah satu upaya kami untuk sama-sama memberantas yang seperti itu, dari edukasi sejak dini,” kata perempuan yang akrab di sapa Kiki di Plaza Aspirasi Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Serang, Banten pada Jumat (26/7/2024). 

Begini cara membuka rekening simpanan pelajar: 

Mekanisme Pembukaan Rekening di Sekolah 

  1.  Adanya perjanjian kerja sama SimPel antara bank dan sekolah

  2. Pelajar menyerahkan dokumen persyaratan

  3. Petugas bank datang ke sekolah untuk menerima dokumen persyaratan pembukaan rekening

  4. Jika pelajar sudah memenuhi persyaratan, pihak bank akan memberikan bukti kepemilikan rekening pada pelajar  

Mekanisme Pembukaan Rekening SimPel/SimPel iB di Bank

  1. Pelajar dan orang tua datang dan menyerahkan dokumen persyaratan pembukaan rekening langsung ke bank (walk in customer
  2. Bank melakukan verifikasi persyaratan dan pembukaan rekening

  3. Jika sudah memenuhi persyaratan, pihak bank akan memberikan bukti kepemilikan rekening kepada pelajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper