Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Direktur Utama BRI Sunarso Raih The Best CEO dalam TOP BUMN Awards 2024

Direktur Utama BRI Sunarso meraih penghargaan The Best CEO dalam hal Excellent in Business Intelligence Solution di Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2024.
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) Sunarso/Istimewa
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) Sunarso/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) Sunarso meraih penghargaan di Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2024 yakni The Best CEO dalam hal Excellent in Business Intelligence Solution. 

Adapun, untuk penjurian best CEO terdapat tiga juri yaitu Ketua Dewan Komisioner OJK periode 2017-2022 Wimboh Santoso, Menteri Komunikasi dan Informatika RI periode 2014-2019 Rudiantara, dan Presiden Direktur Bisnis Indonesia Grup Lulu Terianto. 

Top BUMN Awards 2024 merupakan bentuk apresiasi dari Bisnis Indonesia Group kepada BUMN yang berprestasi. Tema dari Top BUMN Awards 2024 adalah ‘Performance and Sustainability’.

Salah satu indikator yang dinilai adalah kemampuan BUMN untuk berkelanjutan dalam mewujudkan kementerian BUMN sebagai pembina dan pengawasan yang profesional dalam aspek produktivitas dan profitabilitas. 

Sunarso sendiri berkiprah di BRI sejak ditunjuk dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) BRI pada 2019. Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama BRI, Sunarso sudah cukup lama malang-melintang di dunia perbankan, terutama pelat merah.

Pada Mei 2010, dia ditunjuk sebagai Direktur Commercial & Business Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Jabatan tersebut dia pegang hingga Maret 2015. 

Setelah itu, Sunarso menjabat sebagai Wakil Direktur BRI hingga Oktober 2017. Lalu, dia ditunjuk untuk menduduki kursi Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) hingga Oktober 2017.

Sunarso kemudian kembali ke jajaran direksi BBRI setelah dipilih menjadi Wakil Direktur Utama bank pelat merah tersebut untuk kedua kalinya pada Januari 2019. 

Pria kelahiran Pasuruan 7 November 1963 merupakan lulusan Sarjana Agronomi Institut Pertanian Bogor (IPB). Setelah itu, Sunarso melanjutkan studinya ke jenjang S2 dengan gelar Magister Administrasi Bisnis di Universitas Indonesia.

Seiring dengan kepemimpinan Sunarso, BRI telah mencatatkan kinerja moncer, BRI berhasil mencatatkan laba bersih konsolidasi yang dapat diatribusikan ke pemilik sebesar Rp29,7 triliun per Juni 2024. 

Pencapaian ini lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp29,42 triliun. Total laba bersih komprehensif mencapai Rp29,99 triliun. 

Pertumbuhan laba BRI didorong oleh kenaikan kredit yang disalurkan menjadi Rp1.264,77 triliun secara konsolidasi, melonjak 5,59% dibandingkan periode sebelumnya sebesar Rp1.197,75 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper