Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Tips Keuangan Frugal Living, Cocok Untuk Mahasiswa dan Freshgraduate

Salah satu tips hemat adalah mengetahui kemana uang masuk dan keluar.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Hidup dalam kesederhanaan dan memperhatikan pengeluaran secara bijak dapat menjadi cara hidup mahasiswa dan Freshgradute. Banyaknya riset yang mengatakan bahwa Gen Z saat ini merupakan  generasi termiskin tampaknya dapat dipatahkan dengan prinsip hidup Frugal Living.

Dikutip dari LifeandBudget.com, Selasa (15/10/2024), hidup hemat dan sederhana memiliki banyak manfaat untuk anak muda, seperti mengurangi stres, nol hutang, dan tabungan yang lebih besar. Hal ini juga menyadarkan kita akan menikmati hidup dengan kesederahanaan. Tidak perlu merasa tertuntut oleh gengsi dan oleh keuangan anda dengan baik.

Hal yang harus diketahui adalah, transformasi untuk hidup hemat tidak terjadi dalam sekejap. Butuh waktu untuk berubah dan menciptakan kebiasaan hidup yang hemat. Oleh karena itu, inilah beberapa tips hidup dengan cara frugal living

1. Buat Rincian Uang Masuk-Keluar

Salah satu tips hemat teratas adalah mengetahui kemana uang masuk dan keluar. Catat nominal uang yang anda pakai dalam sehari, seminggu, dan sebulan. Catat juga pemasukan yang datang dalam sehari, seminggu, dan sebulan.

Rincian ini akan menjadi gambaran bagi anda tentang keuangan yang bisa lebih dihemat lagi, lalu kelanjutan dari hal ini adalah menciptakan anggaran pasti untuk pengeluaran.

2. Hidup Sesuai Kemampuan

Prinsip paling dasar dari mengolah keuangan yang baik adalah, pengeluaran lebih kecil dari pada pemasukan. Hal ini patutnya diterapkan juga dalam gaya hidup anak muda, jangan lakukan pembelian yang tidak penting demi kepuasaan pribadi sesaat. Ingat jangan habiskan lebih dari yang anda hasilkan.

3. Belajar Hidup Sederhana

Cara terbaik untuk mengetahui apa anda sudah menjalani hidup sederhana adalah dengan mengetahui apa anda sudah bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Sejatinya kebutuhan adalah hal mendasar, makanan, tempat tinggal, atau bahkan pakaian. Sementara itu, keinginan adalah hal-hal yang dapat Anda jalani tanpa nya .

Sebagai contoh : Memilih kos yang tidak terlalu mewah, namun nyaman untuk dijadikan tempat peristirahatan atau makan-makanan sehat alih-alih makan yang sedang viral. Hal ini akan mengajari anda untuk menghargai dan menjaga apa yang anda punya.

4. Ubah Mindset Dari Tugas Menjadi Petualangan Baru

Agar hidup sederhana tidak membebani, ubah cara pikir anda menjadi petualangan baru yang akan dijalani. Sebab menjadi sederhana membutuhkan penyesuaian dan mental yang kuat, bahkan waktu yang lama. 

Sebagai contoh : anda merasa kesal sebab tidak bisa melakuan sesuatu yang menyenangkan bersama teman, maka tantang dirimu untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan dengan sesuatu yang murah bahkan gratis. 

5. Jangan Sisakan Apapun

Belajar untuk mensyukuri apa yang dimiliki, entah itu makanan ataupun minuman yang seadanya. Hindari melakukan pembelian hanya karena anda tidak menyukai hal tersebut.

Hal lain yang bisa dijadikan contoh adalah, jangan beli pakaian apabila masih bagus dan bisa dipakai. Selanjutnya apabila anda tidak mampu membeli sesuatu, usahakan untuk lakukan aktivitas tanpa menggunakan barang tersebut.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper