Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinyal BTN Syariah hingga Muhammadiyah Lawan Dominasi BSI (BRIS)

Kemunculan pemain baru yang sepadan juga terus digaungkan demi menyaingi dominasi PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) di industri perbankan syariah RI.
Logo Bank Syariah./Istimewa
Logo Bank Syariah./Istimewa

Tanggapan BSI

Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan hadirnya sejumlah pemain baru akan menjadi stimulus dalam mendorong pertumbuhan keuangan syariah serta membuat tingkat persaingan industri menjadi lebih baik. 

“Kita terus terang melihat dinamika di market syariah, ya kita senang. Karena aturan yang berlaku di pasar, apabila supplier banyak, maka diikuti demand yang meningkat,” ujarnya pada awak media di Jakarta, Jumat (8/3/2024)

Menurutnya, dengan hadirnya pemain di perbankan syariah, maka paling tidak dari sisi branding keuangan syariah akan naik dan penyedia jasa seperti perbankan juga mengalami kenaikan. “Dan InsyaAllah pembeli juga naik. Ini bagian dari logika umum,” imbuhnya. 

Pada saat terpisah, Chief Economist BSI Banjaran Surya Indrastomo menyebut industri keuangan syariah memerlukan lebih banyak pemain, hal ini demi mendorong pertumbuhan industri syariah. Bahkan, dia melihat bahwa kehadiran pemain perbankan syariah lainnya justru akan menjadi 'trading partner' dengan BSI.  

“Kalau kita mau mendorong pertumbuhan, there has to be more big players. Jadi, dengan adanya insitusi lain at the same size at the same level yang bisa berjuang untuk mendorong inklusi keuangan syariah lebih lanjut,” ujarnya pada awak media beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, menurutnya pendekatan terpenting dalam industri perbankan syariah saat ini adalah memastikan relevansi bisnis.

Ini karena sebagian besar perputaran uang terjadi di sektor usaha, lanjutnya, dengan banyaknya lembaga keuangan syariah yang terlibat dalam sektor usaha, maka ini juga akan memperbesar market share untuk bisa tumbuh 8% pada 2024.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper