Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembiayaan BSI (BRIS) ke UMKM Tembus Rp47,72 Triliun Semester I/2024, Naik 14,5%

BSI menyalurkan pembiayaan ke UMKM dengan  total Rp47,7 triliun pada semester I/2024.
Nasabah melakukan transaksi keuangan di kantor cabang BSI, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Nasabah melakukan transaksi keuangan di kantor cabang BSI, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) mencatat hingga Juni 2024 telah menyalurkan pembiayaan kepada segmen Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM sebesar Rp47,72 triliun atau tumbuh 14,54% secara tahunan. 

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan bahwa UMKM menjadi segmen yang akan terus didorong komposisi pembiayaannya oleh perseroan.

Dia menjelaskan pembiayaan UMKM BSI berfokus pada bisnis-bisnis yang resilience, kuat, dan berkelanjutan. 

Tujuannya, kata dia, agar pelaku UMKM dapat mengembangkan bisnisnya secara modern, terdigitalisasi bahkan mampu memasuki pasar global.

"Hingga Juni 2024, BSI telah menyalurkan pembiayaan kepada segmen Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM sebesar Rp47,72 triliun atau tumbuh 14,54% secara tahunan," ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (24/7/2024).

Dalam meningkatkan porsi pembiayaan pada UMKM, perseroan telah menyiapkan berbagai strategi, salah satunya melalui UMKM Center.

Menurutnya dengan strategi membangun UMKM Center di wilayah timur menjadi cara untuk dapat menjaring dan menemukan potensi-potensi UMKM baru di Indonesia Timur. Apalagi wilayah timur ini memiliki cakupan yang sangat luas, yaitu seluruh Pulau Sulawesi, Maluku, hingga Pulau Papua. 

Hery mengatakan UMKM Center BSI menjadi wadah bagi pelaku usaha segmen tersebut dalam mendapatkan pelatihan, pembinaan, pembiayaan, pendampingan bisnis, hingga membantu proses pemasaran produk. 

Menurut Hery, pelaku UMKM yang memanfaatkan program tersebut diharapkan dapat meningkatkan skala usahanya. Di antaranya melalui optimalisasi potensi bisnis hingga dukungan proses digitalisasi usaha. 

Adapun perseroan sudah memiliki 3 UMKM Center yakni di Aceh, Yogyakarta, dan Surabaya. UMKM Center juga menjadi tempat untuk berkonsultasi dan mendapatkan sertifikasi halal yang difasilitasi BSI.  

Selain itu, BSI memiliki platform untuk mendukung UMKM yaitu Portal UMKM BSI dan Portal Salam Digital. 

Portal UMKM BSI merupakan platform yang mendukung pelaku UMKM Indonesia untuk meningkatkan kualitas produk lokal agar dapat berkompetisi di Pasar Global. Sedangkan Portal Salam Digital merupakan platform yang memudahkan masyarakat dalam mengajukan pembiayaan mikro secara digital, untuk memenuhi segala kebutuhan usaha dan investasi.

Tercatat saat ini BSI memiliki lebih dari 3.281 UMKM binaan yang terus dibina dan ada yang berhasil go internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper