Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Bank Digital per Juli 2024: Allo Bank di Puncak, BCA Digital (Blu) Melesat

Berikut daftar kinerja laba 7 bank digital di Indonesia berdasarkan laba per Juli 2024.
Ilustrasi bank digital. Dok Istimewa
Ilustrasi bank digital. Dok Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Mayoritas bank digital mencatatkan kinerja keuangan yang beragam, salah satunya terkait peningkatan laba pada tujuh bulan pertama 2024. Berikut daftar kinerja laba 7 bank digital di Indonesia berdasarkan laba per Juli 2024.

Berdasarkan laporan keuangan bulanan, PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) milik Chairul Tanjung melalui Mega Corpora ini membukukan laba Rp230,84 miliar per Juli 2024, turun 9,64% yoy dari periode yang sama tahun lalu Rp255,46 miliar per Juli 2023. Laba Allo Bank ini menjadi yang terbesar di antara bank digital lainnya.

Direktur Utama Allo Bank Indra Utoyo melaporkan bahwa bisnis inti Allo Bank tetap kuat dan pihaknya optimistis terhadap terkait kinerjanya tahun ini. Sebagai bank umum berbasis digital, Allo Bank memang banyak melakukan pengembangan Teknologi Informasi.

Hal ini, kata Indra, dilakukan untuk mendukung strategi pengembangan produk, layanan dan customer engagement/experience (Good Costs). Dia merinci bahwa belum lama ini, BBHI telah menyelesaikan pembangunan Data Center sebagai tulang punggung infrastruktur TI yang baru, di samping terus melakukan pengembangan TI lainnya.   

Di samping itu, bank juga terus menerus mengantisipasi kondisi rawan terhadap kejahatan cyber crime yang dapat mempengaruhi pendapatan dan reputasi bank melalui peningkatan sistem keamanan digital secara komprehensif.  

Pihaknya juga melakukan peningkatan kualitas SDM agar lebih kompeten dalam upaya pengembangan layanan dan penguatan pelindungan data nasabah.  

“Ke depan, kami akan terus meningkatkan cost discipline dalam aspek-aspek operasional kami,” ujarnya kepada Bisnis.

Kemudian, di posisi kedua PT Bank Seabank Indonesia mencatatkan laba bersih Rp202,44 miliar, naik 53,06% yoy dibanding tahun sebelumnya Rp132,26 miliar.

Lalu, pencetak laba terbesar ketiga adalah PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR) yang membukukan laba Rp114,53 miliar per Juli 2024, naik 3,02% yoy dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp111,17 miliar pada Juli 2023. 

Posisi Bank Amar diikuti oleh bank digital besutan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), yakni Hibank membukukan laba Rp79,22 miliar pada tujuh bulan pertama 2024, capaian ini mengalami penyusutan 38,68% yoy dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp129,19 miliar pada Juli 2023. 

Selanjutnya, PT Bank Jago Tbk. (ARTO) yang menempati posisi kelima dengan raihan laba Rp61,62 miliar per Juli 2024, naik 42,61% yoy dari sebelumnya Rp43,21 miliar pada Juli 2023.  

 

Laba Bank Digital per Juli 2024: Allo Bank di Puncak, BCA Digital (Blu) Melesat

Nasabah beraktivitas di depan logo PT Bank Jago Tbk. di Jakarta, Kamis (11/1/2024). Bisnis/Abdurachman

Dari pemain lainnya yaitu Bank Digital BCA alias blu membukukan laba Rp51,02 miliar pada Juli 2024, naik signifikan 589,23% yoy dari sebelumnya Rp7,4 miliar. Pertumbuhan ini menjadikan Blu sebagai bank dengan kenaikan laba tertinggi di kelompoknya.

Sementara itu, PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) atau BNC juga terus mencatatkan perbaikan kinerja di mana rugi bersih Bank Neo kian menyusut menjadi Rp2,27 miliar pada Juli 2024. Rugi ini makin kecil dari periode yang sama tahun lalu yaitu Rp436,92 miliar. 

Saat itu, Direktur Bisnis Bank Neo Commerce Aditya Windarwo menjelaskan BNC akan terus memacu penyaluran kredit, salah satunya dengan menggenjot direct loan melalui aplikasi neobank.   

“Penyaluran tersebut dilakukan dengan selektif untuk menjaga kualitas kredit dengan risiko yang dapat terkelola dengan baik,” ujarnya.

Adapun, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai penting bagi ekosistem bank digital untuk mampu berkolaborasi dengan ekosistem digital lainnya sehingga memberikan multiplier effect kepada penggunanya. 

Dia menuturkan kepercayaan masyarakat terhadap bank digital pun sudah mulai pulih, hal ini yang mendorong penetrasi bank digital terus tumbuh dan berkembang.    

“Apalagi dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Namun, semua kembali lagi, tanpa eksosistem yang kuat, rasanya akan sia sia,” ungkapnya kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper