Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Muttaqien Kembali Jadi Anggota, Ungkap Kebijakan Prioritas DJSN 2024-2029 Selaras Asta Cita

Fokus utama yang sejalan dengan Asta Cita mencakup peningkatan kualitas layanan BPJS Kesehatan, ketersediaan obat bagi masyarakat, dan pengentasan kemiskinan.
Karyawan melayani peserta di salah satu kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani peserta di salah satu kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA— Muttaqien, yang sebelumnya telah berkiprah sebagai anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), kembali terpilih untuk periode 2024–2029, mewakili unsur tokoh dan ahli. 

Sosok yang memiliki pengalaman sebagai peneliti dan executive director di LABDA Yogyakarta menyampaikan bahwa kebijakan prioritas yang akan dirumuskan oleh DJSN periode akan diselaraskan dengan 17 program prioritas dan Asta Cita, yang merupakan delapan misi utama yang menjadi landasan visi Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. 

Asta Cita bertujuan untuk mewujudkan “Indonesia Emas 2045,” melalui penguatan ideologi Pancasila, ketahanan nasional, penciptaan lapangan kerja, pembangunan sumber daya manusia, serta pengembangan industri dan infrastruktur.

Muttaqien mengungkapkan bahwa beberapa fokus utama yang sejalan dengan Asta Cita akan mencakup peningkatan kualitas layanan BPJS Kesehatan, ketersediaan obat bagi masyarakat, dan pengentasan kemiskinan. 

“Anggota DJSN periode ini akan mengemban amanah yang diberikan dengan sebaiknya, integritas, profesional, dan dedikasi tinggi,” kata Muttaqien kepada Bisnis pada Minggu (27/10/2024). 

Dengan demikian, lanjut Muttaqien, DJSN dapat merumuskan kebijakan umum dan singkronisasi kebijakan jaminan sosial yang efektif, efisien, inklusif dan adil. Dia berharap anggota DJSN juga mampu memperkuat fondasi dan memastikan hadirnya jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Sebagai bentuk peningkatan akuntabilitas, Muttaqien menyebut DJSN akan memperkuat pengawasan terpadu bersama berbagai kementerian dan lembaga terkait. Langkah tersebut diharapkan akan mencegah potensi penyimpangan dalam sistem jaminan sosial.

Terakhir, Muttaqien menekankan pentingnya edukasi publik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban mereka dalam sistem jaminan sosial, dengan kampanye yang lebih luas dan inklusif.

Berikut daftar anggota DJSN periode 2024–2029: 

- Ketua merangkap anggota mewakili unsur Pemerintah: 

Nunung Nuryartono

- Anggota mewakili unsur Pemerintah: 

Sudarto

Kunta Wibawa Dasa Nugraha

Indah Anggoro Putri

Rubben Rico

- Anggota mewakili unsur tokoh dan/ahli: 

Agus Taufiqurrohman

Muttaqien

Rudi Purwono

Mahesa Paranadipa Maykel

Syamsul Hidayat Pasaribu

Mickael Bobby Hoelman

- Anggota mewakili unsur organisasi pemberi kerja/organisasi pengusaha: 

Nikodemus Beriman Purba

Paulus Agung Pambudhi

- Anggota mewakili unsur organisasi pekerja/organisasi buruh: 

Royanto Purba

Hermansyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper