Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Bank Syariah Besar di Indonesia Selain BSI (BRIS), Siapa Saja?

Berikut daftar 10 bank syariah besar di Indonesia selain BSI, beserta pangsa pasarnya.
Logo Bank Syariah./Istimewa
Logo Bank Syariah./Istimewa

10 bank syariah besar di Indonesia

Berikut daftar 10 bank syariah besar di Indonesia selain BSI, beserta pangsa pasarnya:

  1. Bank Muamalat

    Bank Muamalat merupakan bank syariah tertua di Indonesia. Saat ini Bank Muamalat dibesut oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dengan porsi kepemilikan mencapai 82,65%.
    Adapun, Bank Muamalat memiliki aset Rp64,92 triliun pada kuartal I/2024. Porsi pasar aset bank tertua di Indonesia ini pun kini mencapai 7,46%.
  2. CIMB Niaga Syariah

    CIMB Niaga Syariah masih berstatus sebagai unit syariah dari CIMB Niaga. Adapun, CIMB Niaga merupakan bank besutan CIMB Group dari Malaysia.
    Meski masih berstatus UUS, CIMB Niaga Syariah berencana untuk melakukan spin off. Sebab, nilai aset bank sudah melebihi ketentuan dari OJK.
    Per kuartal I/2024, aset CIMB Niaga Syariah mencapai Rp64,59 triliun. Artinya, porsi pasar aset CIMB Niaga Syariah di Indonesia mencapai 7,42%.
  3. BTN Syariah

    Sama seperti CIMB Niaga Syariah, BTN Syariah pun masih berstatus UUS dari BTN. Adapun, BTN merupakan bank milik negara atau BUMN.
    Meski masih berstatus UUS, BTN pun berencana menjalankan spin off BTN Syariah. Dalam upaya spin off, direncanakan BTN akan mengakuisisi Bank Muamalat, lalu Bank Muamalat merger dengan BTN Syariah.
    BTN Syariah telah meraup aset sebesar Rp54,84 triliun pada kuartal I/2024. Artinya, porsi aset BTN Syariah di Indonesia mencapai 6,3%.
  4. Maybank Syariah

    Maybank Syariah merupakan UUS milik PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII). Adapun, Maybank Indonesia merupakan bank besutan Maybank Group dari Malaysia.
    Maybank Syariah membukukan aset sebesar Rp41,21 triliun pada Maret 2024. Porsi pasar aset milik Maybank Syariah di Indonesia mencapai 4,73%.
  5. PermataBank Syariah

    PermataBank Syariah merupakan UUS milik PT Bank Permata Tbk. (BNLI). Sementara Bank Permata merupakan bank besutan Bangkok Bank dari Thailand.
    Pada kuartal I/2024, PermataBank Syariah telah meraup aset Rp38,09 triliun. Dengan raupan aset tersebut, maka porsi aset PermataBank Syariah di Indonesia mencapai 4,37%.
  6. BRK Syariah

    BRK Syariah merupakan bank umum syariah hasil konversi syariah pada 2022 dari sebelumnya bank konvensional bernama PT Bank Pembangunan Daerah Riau dan Kepulaluan Riau.
    BRK Syariah telah mencatatkan aset sebesar Rp30,03 triliun pada kuartal I/2024. Raupan aset bank membuat pangsa pasarnya mencapai 3,45%.
  7. Bank Aceh

    Bank Aceh merupakan bank syariah hasil konversi dari sebelumnya yang merupakan bank konvensional. Kegiatan operasional dengan sistem syariah mulai dijalankan pada 2015.
    Bank Aceh telah membukukan aset sebesar Rp28,19 triliun pada Maret 2024. Artinya, porsi aset Bank Aceh di Indonesia mencapai 3,23%.
  8. BTPN Syariah

    PT BTPN Syariah Tbk. (BTPS) merupakan bank umum syariah besutan PT Bank BTPN Tbk. (BTPN). Adapun, BTPN merupakan bank besutan korporasi keuangan asal Jepang, Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC).
    Pada kuartal I/2024, BTPN Syariah meraup aset Rp21,16 triliun. Dengan raupan aset tersebut, pangsa pasar BTPN Syariah mencapai 2,43%.
  9. Bank Panin Dubai Syariah

    PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk. (PNBS) merupakan bank umum syariah besutan PT Bank Panin Tbk. (PNBN) yang awalnya bernama Panin Bank Syariah. Seiring masuknya Dubai Islamic Bank, nama bank diubah menjadi Panin Dubai Syariah Bank.
    Emiten bank berkode PNBS telah meraup aset sebesar Rp16,52 triliun pada kuartal I/2024. Artinya, porsi aset PNBS terhadap keseluruhan aset perbankan syariah di Indonesia mencapai 1,89%.
  10. Bank Mega Syariah

    PT Bank Mega Syariah merupakan bank umum syariah besutan taipan Chairul Tanjung. Aset bank mencapai Rp15,38 triliun pada kuartal I/2024. Dengan begitu, porsi aset yang dimiliki Bank Mega Syariah di pasar perbankan syariah Indonesia mencapai 1,76%.
Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper